“Tantangan Regulasi dan Kebijakan Di Sektor Hulu Minyak dan Gas Bumi Di Era Dekarbonisasi”

Dan Peresmian Asosiasi Praktisi Hukum Minyak Gas Bumi Dan Energi Terbarukan (APHMET)

Rangkaian kegiatan yang bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia ini, terdiri dari:

  1. Soft launching of the Membership Registration Facility for APHMET
  2. MoU between APHMET and Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (Establishment of the Center for Upstream Oil and Gas Law, Master’s Degree Program in Upstream Iul and Gas Law at Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  3. Soft Launching of Indonesian Energy Dispute Arbitration Body (BASE)

 

Sejak negara-negara di dunia berkomitmen / menyepakati pengurangan karbon (dekarbonisasi) di berbagai sektor  termasuk sektor energi, maka kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi di seluruh dunia mengalami tantangan baru, yaitu tantangan untuk mengaplikasikan teknologi pengendali karbon berupa penangkapan dan penyimpanan, hingga pemanfaatan karbon sampai pada yang paling sederhana berupa dukungan terhadap kegiatan rehabilitasi hutan/reforestasi.

Menyadari hal-hal tersebut di atas, maka dibutuhkan suatu tata kelola baru di industri hulu minyak dan gas bumi agar terjadi sinergi dan harmonisasi kepentingan pelestarian dan perlindungan lingkungan hidup pada satu sisi, dan ketahanan energi dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam untuk kemakmuran rakyat pada sisi lainnya. Forum Hukum Hulu Migas (“FHHM”) adalah Forum Pertemuan antar Praktisi Bidang Hukum yang bekerja di SKK Migas dan Mitra Kerja (KKKS) serta Stakeholder Pemerintah dan Non Pemerintah lainnya. Forum Hukum adalah forum pertemuan yang digelar secara rutin, namun sempat tertunda beberapa tahun akibat pandemi Covid-19. FHHM selama ini dianggap sebagai forum penting untuk berbagi, berdiskusi serta berkolaborasi untuk berpartisipasi, menyumbangkan gagasan, konsep dan kontribusi lainnya dalam rangka membangun sistem hukum terkait kegiatan usaha hulu migas di Indonesia yang berwawasan global, maka dari itu pada tahun 2023 ini forum ini diselenggarakan kembali.

Mengingat bahwa telah terbentuk wadah Asosiasi Praktisi Hukum Migas dan Energi Terbarukan (“APHMET”) yang diprakarsai dan diurus oleh para praktisi hukum migas yang bekerja di SKK Migas – KKKS serta lembaga pemerintah, lembaga profesi dan lembaga lainnya maka pada Forum Hukum Hulu Migas 2023 akan diresmikan ke publik tentang keberadaan APHMET sebagai Perkumpulan Resmi Praktisi Hukum Migas dan Energi Terbarukan di Indonesia.

Atas nama SKK Migas dan APHMET, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh Mitra Kerja (KKKS) serta Stakeholder Pemerintah dan Non Pemerintah lainnya, khususnya kepada para Sponsor dan pengisi kegiatan dalam FHHM 2023 ini. Semoga kegiatan FHHM 2023 ini dapat berjalan lancar dan dapat menyumbangkan gagasan, konsep dan kontribusi lainnya dalam rangka membangun sistem hukum terkait kegiatan usaha hulu migas di Indonesia yang berwawasan global

Hormat kami,

Didik Sasono Setyadi
Kepala Divisi Hukum SKK Migas
Ketua APHMET

Forum Hukum Hulu Migas (“FHHM”) tahun 2023 terasa istimewa, karena merupakan forum hukum pertama setelah sempat tertunda beberapa tahun akibat pandemi Covid-19. Lebih istimewa lagi karena di dalam forum ini, Asosiasi Praktisi Hukum Migas dan Energi Terbarukan (“APHMET”) yang telah terbentuk beberapa waktu yang lalu akan diresmikan ke publik.

Dengan diadakannya kembali kegiatan FHHM ini oleh SKK Migas bekerjasama dengan APHMET, kami sangat mengharapkan partisipasi dan dukungan dari rekan-rekan praktisi bidang Hukum yang bekerja di SKK Migas dan Mitra Kerja (KKKS) serta Stakeholder Pemerintah dan Non Pemerintah lainnya untuk dapat berbagi, berdiskusi serta berkolaborasi untuk berpartisipasi, menyumbangkan gagasan, konsep dan kontribusi lainnya dalam rangka membangun sistem hukum terkait kegiatan usaha hulu migas Indonesia yang berwawasan global. Kegiatan FHHM tahun 2023 ini mengusung tema “Tantangan Regulasi dan Kebijakan di Sektor Hulu Minyak dan Gas Bumi di Era Dekarbonisasi”, dan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari yaitu pada tanggal 9 – 11 Oktober 2023 di  Yogyakarta, dimana kegiatan pada dua hari pertama akan berlangsung di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, dan kegiatan pada hari terakhir akan berlangsung di Fakultas Hukum Universitas Islam Yogyakarta.

Atas nama Panitia FHHM tahun 2023 dan APHMET, kami mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya atas keikutsertaan Bapak dan Ibu sekalian dalam acara FHHM tahun ini. Sampai bertemu di Yogyakarta!

 

Hormat kami,
Mohammad Ibnu Wardhana
Senior Manager Legal Counsel PT PERTAMINA EP
Ketua Panitia FHHM 2023

 

  • FOKUS MATERI/PERMASALAHAN
  1. Politik Hukum dan Arah Kebijakan Indonesia di Bidang Energi Menghadapi Era Dekarbonisasi serta Kerjasama Internasional, Ketahanan Energi dan Konflik Global.
  2. RUU Migas dan Paradigma Baru Pengelolaan Migas dalam Era Dekarbonisasi.
  3. Aspek Hukum CCS/CCUS, Experience Sharing tentang Disputes Settlement in CCS/CCUS cases.
    Project Finance di Industri Hulu Migas.
  4. Revitalisasi dan Penyempurnaan Production Sharing Contract dalam rangka menghadapi tantangan baru di Era Dekarbonisasi.
  5. Business Judgement Rule dan Restorative Justice.
  6. Implementasi Undang-Undang Cipta Kerja terkait Ease of Doing Business di Industri Hulu Migas Indonesia.
  7. Pacta Sun Servanda dalam Kontrak Kerjasama Minyak dan Gas Bumi.
  • PESERTA DAN UNDANGAN
  1. Delegasi dari SKK Migas dan KKKS terdiri dari:
  • Fungsi Hukum,
  • Manajemen KKKS,
  • Fungsi Keuangan dan Perpajakan,
  • Fungsi Komersial,
  • Fungsi Pengadaan Barang dan Jasa,
  • Fungsi Formalitas,
  • Fungsi SDM,
  • Fungsi Penunjang Operasi dan lain-lainnya,
  • Fungsi Kehumasan,
  • Fungsi lain yang terkait.
  1. Peserta dari Stakeholder SKK Migas dan KKKS, termasuk Firma Hukum, Mitra KKKS dan Perusahaan Jasa Penunjang Migas.
  2. Undangan:
  • Pejabat Kementerian Lembaga Terkait.
  • Tokoh Industri Migas dan EBTKE.
  • Organisasi-organisasi / Asosiasi terkait Industri Hulu Minyak dan Gas Bumi.
  • Akademisi Perguruan Tinggi.
  • Aparat Penegak Hukum Terkait.
  • Mahasiswa Hukum.
  • Jurnalis dan lain-lainnya

 

  • ICE BREAKING GATHERING

(8 Oktober 2023)
1. Friendly Golf Match
• Panitia membantu mendaftarkan dan menyiapkan bus yang akan berangkat dari Hotel Tentrem.
2. City Tour: Jogja Cultural Heritage.

  • LOKASI

• Ballroom Hotel Tentrem, Yogyakarta.
• Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta

  • BIAYA PENDAFTARAN PESERTA

Rp 10.000.000,-**/orang.

**: Harga belum termasuk PPN 11%.

REGISTRASI SEBELUM: 23 sEPTEMBER 2023

  • REGISTRASI PESERTA

Andina: +62877-7730-0970

Amadea: +62818-0608-1001

  • SPONSORSHIP

Jasmine: +62818-911-251